Sejarah MA Al Falah Margoyoso

MA Al Falah didirikan oleh Almarhum Bapak H. Muslih ( Mantan Petinggi Desa Margoyoso ) Yang dimana bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tanggungjawab negara,  pemerintah, masyarakat dan semua insan yang ada berupaya untuk mewujudkannya. Pendidikan harus membentuk manusia yang seutuhnya yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur dan berahlak mulia yang merupakan tujuan hidup muslim.

Guna mewujudkan tujuan manusia yang cerdas dan berahlak mulia, berbudi luhur serta taqwa kepada Allah SWT memerlukan proses yang lama dan panjang. Institusi pendidikan merupakan salah satu wadah untuk mencerdaskan dan membentuk manusia yang berahlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT.

MA Al Falah merupakan salah satu institusi pendidikan untuk mewujudkan serta membantu pemerintah dalam membentuk manusia seutuhnya, menciptakan manusia yang berbudi luhur, berahlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT. Adapun tujuan utama adalah menciptakan kesinambungan belajar di lingkungan pondok pesantren dari pendidikan yang rendah sampai sekolah menengah. Dimana hingga kini masih jarang sebuah pondok pesantren memiliki institusi pendidikan formal seperti sekolah menengah dan ini merupakan cita-cita semenjak berdirinya Yayasan Pendidikan Al Falah dan Madrasah Aliyah Al Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara. Diharapkan dapat membentuk manusia-manusia yang berilmu, beramal sholeh dan berbudi luhur serta taqwa kepada Allah SWT merupakan realisasi dari ajaran Islam dan bentuk pengamalan Pancasila.

Hal tersebut sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang Undang Dasar 1945. Ini suatu upaya berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya pembangunan masyarakat di Kabupaten Jepara dalam bidang mental sepiritual. Eksistensinya tidak lepas dari faktor-faktor yang mendorong kelangsungan MA Al Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara ini diantaranya adalah proses kegiatan pembelajaran dilaksanakan di lingkungan Pondok Pesantren Margoyoso yang telah memiliki MTs yang mayoritas menginginkan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan tidak pindah atau tetap nyantri di pondok pesantren, mengingat problem biaya maka mereka dapat melanjutkan pendidikan sambil mondok. Bahkan di Kecamatan Kalinyamatan sudah ada sekolah menengah dan Madrasah Aliyah yang bertempat di pondok pesantren padahal niat ke pondok pesantren di samping mendalami ilmu agama juga ingin sekolah sehingga menjadi ulama’ yang intelek.

Disamping itu di sekitar Pondok Pesantren Kalinyamatan berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa perkembangan pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama terdapat kemajuan yang sangat signifikan. Dilihat dari jumlah lembaga dan kelulusan murid SLTP /MTs terdapat kurang lebih 2000 siswa, jika 10% meneruskan ke SMA/MA berarti sudah terdapat 200 siswa, hal ini belum ditambah dari luar kota. Inilah yang membuat optimisme dalam mengembangkan MA Al Falah Margoyoso Kalinyamatan. Demi kelangsungan perkembangan dan pengembangan MA Al Falah Margoyoso Kalinyamatan telah menyediakan sarana dan prasarana yang sebaik mungkin, baik ruang pembelajaran, perpustakaan, laboratorium dan lain-lain. Dana  diperoleh dari MA Al Falah Margoyoso Kalinyamatan adalah uang sekolah  dari siswa dan sumbangan dari pihak lain yang sah dan halal. Juga tenaga pengajar yang berkelayaan, baik guru tetap maupun tidak tetap, karyawan tetap dan komponen pimpinan yang mumpuni. Di samping itu perkembangan kelimuan ditunjang dengan pengkajian-pengkajian kitab, perpustakaan, ketrampilan kursus dan lain-lain

Guna mewujudkan tujuan manusia yang cerdas dan berahlak mulia, berbudi luhur serta taqwa kepada Allah SWT memerlukan proses yang lama dan panjang. Institusi pendidikan merupakan salah satu wadah untuk mencerdaskan dan membentuk manusia yang berahlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT.MA Al Falah merupakan salah satu institusi pendidikan untuk mewujudkan serta membantu pemerintah dalam membentuk manusia seutuhnya, menciptakan manusia yang berbudi luhur, berahlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT. Adapun tujuan utama adalah menciptakan kesinambungan belajar di lingkungan pondok pesantren dari pendidikan yang rendah sampai sekolah menengah. Dimana hingga kini masih jarang sebuah pondok pesantren memiliki institusi pendidikan formal seperti sekolah menengah dan ini merupakan cita-cita semenjak berdirinya Yayasan Pendisikan Al Falah dan Madrasah Aliyah Al falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara. Diharapkan dapat membentuk manusia-manusia yang berilmu, beramal sholeh dan berbudi luhur serta taqwa kepada Allah SWT merupakan realisasi dari ajaran Islam dan bentuk pengamalan Pancasila. Hal tersebut sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang Undang Dasar 1945. Ini suatu upaya berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya pembangunan masyarakat di Kabupaten Jepara dalam bidang mental sepiritual.Eksistensinya tidak lepas dari faktor-faktor yang mendorong kelangsungan MA Al Falah Margoyoso kalinyamatan Jepara ini diantaranya adalah proses kegiatan pembelajaran dilaksanakan di lingkungan Pondok Pesantren Margoyoso yang telah memiliki MTs yang mayoritas menginginkan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan tidak pindah atau tetap nyantri di pondok pesantren, mengingat problem biaya maka mereka dapat melanjutkan pendidikan sambil mondok. Bahkan di Kecamatan Kalinyamatan sudah ada sekolah menengah dan Madrasah Aliyah yang bertempat di pondok pesantren padahal niat ke pondok pesantren di samping mendalami ilmu agama juga ingin sekolah sehingga menjadi ulama’ yang intelek. Disamping itu di sekitar Pondok Pesntren Kalinyamatan berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa perkembangan pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama terdapat kemajuan yang sangat signifikan. Dilihat dari jumlah lembaga dan kelulusan murid SLTP /MTs terdapat kurang lebih 2000 siswa, jika 10% meneruskan ke SMA/MA berarti sudah terdapat 200 siswa, hal ini belum ditambah dari luar kota. Inilah yang membuat optimisme dalam mengembangkan MA Al Falah Margoyoso kalinyamatan.

Demi kelangsungan perkembangan dan pengembangan MA Al Falah Margoyoso Kalinyamatan telah menyediakan sarana dan prasarana yang sebaik mungkin, baik ruang pembelajaran, perpustakaan, laboratorium dan lain-lain. Dana diperoleh dari MA Al Falah Margoyoso Kalinyamatan adalah uang sekolah  dari siswa dan sumbangan dari pihak lain yang sah dan halal. Juga tenaga pengajar yang berkelayaan, baik guru tetap maupun tidak tetap, karyawan tetap dan komponen pimpinan yang mumpuni. Di samping itu perkembangan kelimuan ditunjang dengan pengkajian-pengkajian kitab, perpustakaan, ketrampilan kursus dan lain-lain